Pre-Travel Time


Ngomong-ngomong soal travelling emang gak pernah ada bosannya. Karena travelling ini salah satu passion gw yg sampe saat ini dengan setianya gw jalanin. Walaupun musti memeras tulang sampe kering buat ongkosya, tapi gw menikmati tiap milidetik dari jalan-jalan itu. Pastinya sebelum gong pementasannya kan semua ada yg namanya persiapannya, nah travelling pun tak ketinggalan. Apalagi sampai sekarang masih setia memanfaatkan jaringan internet yg ada, alias mandiri tanpa travel agent.

Jadi yg musti dipersiapin kan banyak banget tuh, bisa dirangkum jadi beberapa bagian sepertinya :

1. Tempat Tujuan dan Wisatanya

Pastinya kalo mau jalan jalan kan musti tau mau kemana, bukannya makbedunduk pengen ke hutan lalu belok ke pantai tanpa melewati persawahan kan lucu juga. Makanya tentukan mau kemana dahulu, kalo udah jangan labil, tiba-tiba gak jadi ke tempat tadi malah pengen ke tempat laen. Selain nambah rivweuh jg musti ngulang langkah-langkah selanjutnya dari awal lagi.

Cari info tempat wisata apa aja di daerah yg mau kita kunjungi. Point of interestnya, transport dari dan ke tempat wisata itu, tiket masuknya, jarak dari tempat nginep kita.

2. Flight Info

Ini nih yg musti rajin-rajin dilakuin, siapa tahu dapet harga tiket yg bersaing harganya. Bahkan kadang diskon yg dateng tiba-tiba. Bisa saja hari ini kita sudah beli tiketnya, besok jurusan yg sama diskon harganya, kalo udah gini sih ya terima nasib aja. Yg paling penting diperhatikaeun adalah waktu.

3. Penginapan

Setelah tujuan dikunci, dan flight sudah dibooking, tinggal nyari info penginapan aja, mau pesen dulu ato  on the spot aja. Tapi paling ndak kita dah tau gambaran kasar tempat nginap nanti. Apalagi banyak info bisa didapet dari mbah Google, ato buat yg suka bagpacking tinggal ngesot ke Hostel World, Trip Advisory, Travelpod, ato Lonely Planet.

4. Budget

Sebenernya segi budget ini yg paling penting, kita mau cara travelling seperti apa semua tergantung budget. Yg paling penting kita bisa ngitung kasar dulu besaran pengeluaran selama ditempat tujuan. Jangan sampai over kalo bisa sih kurang.

5. Teman Seperjalanan

Ini juga hal mendasar yg paling krusial dengan pengaruh besar bagaimana perjalanan kita nantinya. Kalo temannya klop, satu pemikiran dan enak diajak ngapain aja, dijamin bakalan seru. Tapi kalo temannya numpang jalan doank, ya siap-siap makan ati diperjalanan *apalagi kalo ditinggal ngacir sendirian di customs*

 

Mungkin masih ada beberapa lagi hal yg bisa jadi pertimbangan buat menentukan arah dan tujuan liburan kedepan. Tapi yg paling penting jangan takut untuk memulai, karena kalo masih mikir nanti gimana, ya jangan travelling. So happy travelling everyone.

 

*NB : travelling ke LN gak mahal kok, apalagi sekarang sudah bebas FISKAL.

 

Advertisements

7 thoughts on “Pre-Travel Time

  1. Temen seperjalanan yang klop, satu pemikiran & enak diajak ngapain aja .. Itu lagi ngomongin aku ya, Omb ? Aduh, jadi ngga enak, harusnya ngga usah sampe dibahas di blog lohhh ..

    **pake pupur**

    • Justru karena kowe make pupur iku zah aku jadi males ngajak, ngapain pergi ma badut *cih* *songong* *emang mau ke dufan*

  2. [Kalo temannya klop, satu pemikiran dan enak diajak ngapain aja, dijamin bakalan seru. Tapi kalo temannya numpang jalan doank, ya siap-siap makan ati diperjalanan *apalagi kalo ditinggal ngacir sendirian di customs*]

    Curcol Detected saudara-saudari.. hahahahaha

  3. lah,justru kalo Zizah itu bukan sepemikiran. tapi terlalu maju pemikirannya. Wong di hotel di Sabang disediain handuk, dia wanti-wanti beli handuk tengah malam di Banda Aceh
    *ungkit ampe liang kubur*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s