[Travel Story] Menggeol Bohol

View from top
Route 4 : Bohol

Yap perjalanan selama +/- 2 jam berhasil dilakukan dari Cebu ke Tagbilaran Port, Bohol sekitar jam 1900. Untungnya ombak lumayan bersahabat dan dapat dilayari dengan smooth-nya. Kita naik Weesam Express dari Pier 4 Cebu Port dengan tiket First Class aja, sekali-kali boleh donk ih.

Kita udah mesen jemputan dr hotel via internet buat pick up di pelabuhan, mengingat waktu yg udah malem dan kita baru kali itu nginjek Bohol, ditambah lokasi hotel kita yg berada di ujung Panglao island (+/- 27 km dr Tagbilaran City). Dalam perjalanan ke penginapan, kita mampir dulu ke McDo *a.k.a McDonals*, secara seharian belum ngisi perut. Dan diantarlah kita sama mas Ruben melewati jalanan yg mulus hanya dengan PHP 600 buat bayar taksinya, sampailah kita di Alumbung Alona, dan disambut oleh om Roberto. Kurang lebih ja 21.30 kita merangsek ke penginapan, dan ternganga melihat kamar yg kita pesen.

Alumbung di Alona

Hotel dengan konsep ecoliving ini keknya cocok buat kalian yg mau honeymoon, bukan bagpacker poser kek kita. Jumlah kamar yg ada tak terlalu banyak, dengan 2 kamar ala lumbung padi yg sangat eksotik. Mirip bangunan tradisional Lombok ato Bali kira-kita. Memakai bahan dr bambu, kayu, dan daun kelapa bikin suasana tambah romantis. Dalemannya gak terlalu mengecewakan, ada ranjang ternoda dengan kelambunya, kipas angin, refrig, dan peralatan makan. Untuk departemen perbasahan, kamar mandinya ada shower, tapi no hot water. Dengan minimum 2 nights stay, kita cukup bayar PHP 1.300/night *sekitar IDR 260.00o/malam*, kurang murah apalagi coba. Oh ya … ada outdoor showernya.

Aumbung Alona

Alumbung Alona

Outdoor shower ... aaawwrrrrrr

Tujuan sebearnya dr menggeyol di Bohol ini adalah Choco Hills ato bukit coklat *tsaahh pake ditranslate, malu ma Agmon*. Maka paginya setelah mandi junub, kita cabut buat ke TKP. Berhubung pengen nyobain jd orang lokal, kita pun menunggangi public transport donk di Bohol. Keluar dr penginapan langsung diambut ama abang tukang bakso ojek, buat ke terminal bus tujuan Panglao-Tabilaran *krincing .. bayar PHP 60 aja*, boncengan bertiga. Kenapa bertiga, kalo berempat jd manis manja group *kriiiikkk*. Dari point ini, kita lanjut ke Tagbilaran City dengan bus *cring … bayar PHP 25/person*, busnya juara banget dah. Jadi pintunya cuman 1 dan itu ada ditengah, dan beruntunglah kalian yg ikut pilates, bikram yoga atopun contortionist karena sangat berguna saat naek bus di Bohol sini. U know what i mean, kalo ngalamin sendiri.

Bus and treik in Bohol

Sesampainya di Tagbilaran, mampir sarapan di McDo BQ Mall *free WiFi loh*. Terminal bus untuk keluar dr Tagbilaran itu ada di Dao *+/- 2 Km dr Tagbilaran*, kesananya naek Treik. Lokasi terminal ini ada disamping Island City Plaza. Terminalnya biasa aja kok, cuman lebih bersih daripada di Indonesia. Kita lalu milih bus jurusan Kota Intan Sagbayan bertajuk Fatima.

Sagbayan Peak

Perjalanan sejauh 40 Km ini ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja, dengan kondisi jalan yg 90% sudah dicor beton, hanya sebagian kecil aja yg baru hendak akan mau dicor beton jg. Cukup bayar PHP 60/person sampai ke Sagbayan, kita disuguhi pemandangan country side yg mengingatkan akan kampung di dusun nenek gw. Hijau, sawah, luas, tenang. Meskipun murah dan kelasnya super ekonomi, tapi musik yg mengiringi perjalanan sungguh berkelas, mulai dr MLTR, Beyonce, Katy Perry musti ada sampai lagu-lagu evergreen berkumandang seiring bergantinya pemandangan di jendela. Kernetnya jg tourist friendly, ngasih tau dimana kita musti turun, dan musti naek apa buat sampai ke Sagbayan Peak. Dan sampailah di Sagbayan Market, kita didrop disitu, lalu perjalanan berlanjut dgn ojek tarik tiga lagi.

Entrance

Cukup bayar PHP 30/person kita udah bisa masuk ke Sagbayan Peak buat menikmati sekelumit onggokan choco hills. Terletak diatas salah satu bukit coklat yg diatasnya ada semacam food court dan fine dinning resto, butterfly dome, dan dek obesrvasi. Dari atas bukit ini kita bisa memandang choco hills dgn latar belakang Selat Cebu. Memang tak sebanyak yg di Carmen, cuma disini lebih tenang. Sayang langit tak berpihak, baru jg mau pose ala Vogue udah ditangisi. Akhirnya berteduh dulu, baru setelah reda lanjut mengabadikan gambarnya.

Stairways

Sebelum lanjut ke Carmen, kita sempetin dulu nengok Tarsier. Mamalia seukuran telapak tangan ini masih sodaraan ama Tarsius yg ada di seputaran Manado sana. Dengan mata yg besar dan ukuran yg imut memang kelihatan menggemaskan. Gak heran sampe banyak yg colek-colek. Padahal tarsier ini paling anti yg namanya kontak dengan manusia, bisa stress gitu. Dan kalo mau ngambil poto jangan make flash ya adek-adek, karena bisa bikin buta *coba aja sendiri melototin lampu tembak*. Tapi teuteup ada jg yg gak menggubris larangan yg satu itu. D’oh …

Choco Hills from Sagbayan Peak

Green

Tarsier

Carmen

Setelah puas melalak di Sagbayan Peak, lanjut ke Carmen yg mana lebih banyak choco hillsnya. Sekitar jam 1 siang kita balik ngojek tarik tiga ke Sagbayan Market, untung aja langsung ketemu bis yg ke Carmen. Jarak Sagbayan-Carmen sekitar 24 km dgn kondisi jalan yg bagus. Kita naek bus dgn suspensi lumayan hardcore, jadi ya bererot aja didalem bus, untung aja hari herimis. Sepanjang jalan disuguhi pemandangan bukit-bukit kerucut *nyaris* sempurna, sensasinya beda ama kalo lihat bukit-bukit itu dari atas.

Turun di Carmen Market lalu lanjut ojek tarik tiga lagi ke lokasi Choco Hills Carmen. Kalo lokasi yg di Carmen ini udah terlalu rame, harga tiketnya pun lebih mahal *+/- PHP 50/person*. Disini kumpulan Choco Hills yg mencapat 1700-an bukit itu terlihat sangat keren. Bukit-bukit kerucut menjulang diantara tetumbuhan, dan dikejauhan dibalik bayangan bukit menyeruak asap dr sisa panen penduduk sekitar. Magnifique view beud dah ….

Observation deck

Naik ke dek observasi yg ada disalah satu bukit tertinggi dengan menyusuri sekitar 150-an anak ular tangga, dan 360 derajat pemandangan kompleks Choco Hills pun terbentang didepan mata. Jangan lupa kalo mau ngambil poto dgn background yg lumayan, lompat pagar aja.

Carmen Choco hills

Fresh from the freezer

Wishiing well

Berhubung tadi nanya kalo bus jurusan Carmen-Tagbilaran terakhir beredar jam 16.00, maka bergegaslah kami balik ke Carmen Market, lagi-lagi make ojek tarik tiga. Sembari nunggu busa dateng, kami langsung tertarik dgn warung yg jualan Lechon Manok. Lechon sendiri merupakan teknik memanggang daging, biasanya make babi *lechon baboy ato lechon kawali*, tapi lechon manok ini make ayam. Kita cuman beli setengah ekor aja, mereka jualannya kayak ingkung dan cuman take away aja. Setelah dichop chop ama abangnya, yuuuummmmmm abeis.

Selain nyobain lechon manok tadi, alesan lainnya nyari warnet. Kenapa ??? SD Card Kepala Naga ternyata error. Sempet cek cek ombak ama yg maen internet itu, kecepatan koneksinya alamakjang, kenceng banget buat ukuran dusun kaya Carmen ini. Bisa jd karena Menkominfonya gak keseringan bikin pantun dan ngurusin departemen yg lain, jadi … ah sudahlah. And time goes by … waktunya kembali ke Tagbilaran, pas jam 1630.

Selama perjalanan balik ke Tagbilaran ini, kita ngelewatin hampir semua tempat yg pengen kita kunjungi. Bus melaju menyusuri jalanan disepanjang pantai, melewati kota-kota kecil dengan tata kota peninggalan Spanyol. Sebuah plaza luas dikelilingi town hall, gereja, dan pasar. Menyenangkan lihat bangunan tua dgn arsitektur yg menakjubkan. Kita jg melwati Loboc ecotourism, Loboc river cruise yg gak jd kita kunjungi, loboc man made forest, Alberqueque, dan Baclayon. Kurang lebih 2 jam perjalanan mengantar balik ke Tagbilaran.

Turun dr bus kita langsung nyari treik ke BQ Mall. Pas kita tanya berapa, eh sopirnya bilang PHP 8, lah kok murah banget. Setelah kita naek ternyata tempat yg kita tuju tinggal ngintip aja dr pengkolan udah kelihatan itu mall, pantes murah bener gitu. Masuk mall, keliling nyari SD Card lg, trus dinner di Pizza Hut. Cuman pilih menu ayam, krn pizzanya make ham. Ayamnya ndak se-echo Lechon manok dr carmen. Untuk kota ukuran gak lebih dr 8 depa 20 tombak ini, mallnya lengkap bener, dan ada bioskopnya yg lg muter Thor aja.

Berhubung hari sudah malam, dan badan udah remek, kita balik ke penginapan make treik *cring PHP 300*. Pake acara keliling aja dulu, secara sopirnya gak ngerti dimana penginapan kita. Ternyata Alumbung itu bacanya A-lump-bung, setelah nanya sana sini-sini sana, sampailah digubuk cinta itu. What a day …..

Choco hill

Sagbayan Choco Hills

Numpang nampang

6 thoughts on “[Travel Story] Menggeol Bohol

1. percakapan paling juara dong jangan lupa :
    Kepala Naga : “McDo BQ Mall, how much?”
    Abang Trike : “8 peso”
    …….
    sampe di tempat :
    Kepala Naga : *sambil nyerahin duit 10 peso* keep the change, pare *lagak sok kaya*
    Abang Trike : no no.. i mean 8 peso per person
    Kepala Naga : NGEPET!!

• Salah abang jg kali koh, gak efektif dan efisien ngomongnya, lagian mursida ria gitu, secara itu kalo suster ngesot gak sampe bernoda bajunya.

2. emang mantap abang satu ini …dimana mana geol dan goyang…gw tunggu cerita ke palawannya he he he