[Travel Story] Ilocos Norte : Out and About


Bangui Windmills
Route 7 : Ilocos Norte

Setelah kemaren puas ngubek-ubek Vigan, saatnya melanjutkan perjalanan. Seharian kita mau keliling Ilocos Norte via tour gengges. Kenapa gengges …. makanya baca sampe ntar diterangin *plaakk* *gengges deh*. Cabut dari Villa Angela sekitar jam 7 pagi buat ngejer bus Partas ke Laoag, untung ada treik pas keluar dr kediaman Tuan Baron itu. Cabut ke Partas bus terminal depan Vigan Public mart Market, eh ternyata bus yg ke Manila via Laoag udah mau cicing bae. Untung aja sempet dibakar dicegat itu busnya, langsung donk ya kita menumpang itu bus sampe Laoag. View sepanjang perjalanan yg gak kita dapet pas malem, langsung nongol gitu aja. View country side yg spekta menemani sepanjang +/- 2 jam perjalanan itu.

Sampai di Partas bus terminal Laoag, si Kepala Naga melipir ke ruang sopir tandas awam yg entah dimana, eh balik-balik dia ngasih inpoh udah dapet sewa mobil aja buat keliling Ilocos Norte. Selidik punya selidik, ternyata dia menawarkan diri nanya-nanya ke sopir treik yg mangkal, dan disuruh buat ke seberang terminal aja kalo mo nyari kontrakan sewa mobil. Habis rembugan sembari dandan, yaudah akhirnya disatroni itu rumah yg mau nyewain mobil. Kita cuman mau ke Paoay Church, Burgos Lighthouse, Bangui Windmill, trus ke bandara. Gak perlu semua tempat dikunjungi juga. Lumayan dapet double cabin seharga PHP 3000 (IDR 600.000) ajah buat seharian sampai jam 6 sore.

Nah masalah jalan-jalan ini tadi yg disebut tour gengges, sebelum berangkat ke Philippine udah tawar-tawaran harga ama pihak Villa Angela buat tour gengges keliling Ilocos Norte sekalian nganter ke airport. Dia buka harga PHP 12.000 (IDR 2,4 juta) buat anter jemput dari/ke bandara dan muter Ilocos Norte, atau PHP 8.000 (IDR 1,6 juta) buat keliling Ilocos Norte dan nganter ke bandara aja. Hwarakadah … kok lebih mahal dari total gw keliling beberapa kota ini. Terpaksa nyari alternatif lain ….

Terberkatilah kalian yg sering ngasih inpo di dunia maya, baik blog, website, maupun forum-forum travelling (ex. Tripadvisory, Skyscrapercity, Virtualtourist). Setelah kumpul info sana sini, akhirnya kita milih buat ngeteng aja. Rencana semula sih dr Vigan ke Laoag naek bus Partas, trus lanjut ke Paoay naek jeepney *cuman +/- 7 km*, dari Paoay ke Bangui naik bus Florida yg warnanya shocking pink ngejreng itu, lalu balik lagi ke Laoag naik bis yang sama. Tapi akhirnya mengingat waktu dan kondisi tubuh yg udah sampai titik puncak kenikmatan ketahanan pangan, dipilihnya nyewa mobil itu tadi.

Kalo dilihat-lihat mahal ya, gak sampe sehari nyewa mobil, tapi harganya segitu. Kalo melihat sikon gw bilang wajar ya, harga bensin di Philippine jauh lebih mahal dari Indonesia, yg paling murah sekitar PHP 50-an (IDR 10-ribuan). Keknya gak ada subsidi perminyakan deh. Karena mungkin harga bensin mahal, makanya jarang dijumpai motor ngesot dijalanan, angkutan publik justru mudah dijumpai, dan MURAH. Bisa jadi subsidi minyak lari ke MRT/LRT, jeepney, jalan cor beton seluruh negeri, listrik dan fasilitas lainnya. Jadi naek mobil mewah atopun murah nanggung beban yg sama, bukan yg murah nanggung yg mewah.

Any*hore, akhirnya bisa juga jalan-jalan keliling Ilocos Norte

Paoay Church

Paoay Church a.k.a St. Augustine Church

Gereja di kota Paoay ini unik desain arsitekturnya, agak mirip ama Borobudur. Terinsipirasi gagrak Gothic, Baroque dan Oriental, fasad gereja ini sangat menarik. Terlebih ada ornamen kuluk makutha di puncaknya, mirip yg di Borobudur. Masuk sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site bikin ini bangunan terawat *hampir semua bangunan bersejarah terawat dah* dan dikunjungi wisatawan. Sayang gak bisa masuk kedalam, lagi ada pemberkatan pernikahan.

Details

Di depan gereja terdapat taman yg luas, serta dikelilingi oleh sekolah dan kampus. Mungkin nanti pas dateng kesana bakal ditemui souvenir shops disebelah gereja ini, kemaren lg u/c soalnya. Puas pose anonoh diseputaran gereja, kita lanjut ke destinasi belanja wisata selanjutnya.

Banyak tempat wisata yg gak jadi kita kunjungi sebenernya, mengingat waktu, dana dan tenaga yg udah tiris, maka cuma beberapa aja yg sempet ternodai disambangi. Danau Paoay dengan resort dan padang golfnya, ada juga Malacañang of the North yg merupakan salah satu rumah peristirahatan keluarga mantan Presiden Philippine, Ferdinand Marcos. Kembali lagi masalah waktu yg jadi kendala, pas perjalanan mau kembali ke Laoag buat santap siang, sempet nanya ke sopirnya tentang La Paz/Paoay Sand Dunes, eh dia bilang deket dari situ, cuman +/- 5 km aja. Ya weis akhirnya membelot dulu ke gurun engkau ikut.

Paoay Sand Dunes

Paoay Sand Dunes

Bukit pasir ini berada di tepi Laut China Selatan, kalo pernah lihat Gumuk Pasir Parangkusumo yg di Jogja, ya seperti itulah, ato lihat di videoklip artis nasional yg hendak-akan-mau go int’l Cherice Agmon yg Nodai Godai Aku Lagi. Dengan luas sekitar +/- 85 km² punya cadangan pasir yg lumayan banyak kalo sekedar ini mejeng disitu. Kontur daratan berbukit memungkinkan buat penggemar adrenaline sport mampir kesini, bisa nyobain 4×4 riding and sandboarding, ato sekedar pose nyentrik ala Pasir berbisik pun jadilah. Dulu *katanya nih ya, katanya lo* pernah dipake syuting Mad Max dan Born on The Fourth of July-nya mas Tom Cruise, trus dia nginepnya ya di Villa Angela itu *berasa mbak Nicole di Eyes Wide Shut pas nginep disitu*

Paoay Sand Dunes

Pasir Berbisik *original poster*

Puas berdesir pasir di padang tandus *benerin cadar ama belahan abaya*, kita mampir buat isi bensin penumpangnya dulu di McDo Laoag, lumayan nambah tenaga buat 2 jam perjalanan ke pemberhentian selanjutnya.

Cape Bojeador Lighthouse

Cape Bojeador lighthouse

Berada di Burgos, Ilocos Norte sekitar 2 jam perjalanan darat via mobil pribadi, bangunan mercubuanasuar berada 160m diatas Bukit Vigia de Nagparitan, lebih dikenal dengan nama Burgos Lighthouse. Berdiri menjulang setinggi 20m, hexagonal stone tower ini bisa dilihat dari kota Pasuquin dan Bangui pas cuaca cerah. Sekarang digunakan sebagai mini museum dan penginapan. Pertanyaanya … ada yg mau nginep disitu ndak yo ??.

Main Building

Hexagonal stone tower

Mari perjalanan dilanjutkeun, terus ke utara menyusuri jalan Pan Philippine Highway yg cor beton sepanjang lebih dari 500km itu ya, sampailah kita di Bangui. Tempat baling-baling bambu turbin tenaga angin pertama di ASEAN berada.

Bangui Windmills

Bangui Beach and Windmills

Turbin angin ini merupakan proyek pengadaan listrik dalam rangka mengurangi pemakaian bahan bakar fosil sebagai tenaga pembangkitnya. Dari 19 turbin angin menghadap Laut China Selatan ini bisa memasok hampir 40% listrik untuk wilayah Ilocos Norte via Tranco Laoag. Pemandangan lautnya pun lumayan bagus, pasirnya yg sedikit hitam dan dikelilingi oleh perbukitan jd daya tarik tersendiri, buat mengakomodir wisatawan yg datang, banyak ditemukan warung-warung beratap rumbia yg menjual aneka makan dan minuman. Tak ketinggalan donk, pemotretan ala Sport Ilustrated dimulai …

Windmill Entrance

Upside down

Cukup lama memanggang diri ditepi pantai ini, trus lanjut lagi ke utara (+/- 25 km) arah Pagudpud yg sebelumnya gak ada di planning awal perjalanan kita.

Pagudpud Beach

Pagudpud Saud Beach Resort

Nyampe diseputaran Pagudpud kami bingung gitu, ini pantainya ada disebelah mana. Ternayata laju komersialisasi tidak menyisakan sejengkal pun pantai yg terbuka buat publik. Semua sudah dikapling ama resort yg ada disepanjang pantai. Jadi ya kita terpaksa masuk ke salah satu resort itu (Pagudpud Saud Beach resort). Bayar tiket masuk PHP 100 (+/- IDR 20.00) karena kami bukan tamu dari resort tersebut. Orang bilang sih gak kalah cantik ama Boracay, cuman less crowd aja. Pasir putihnya alus kek pantat bedak bayi, trus karena resort ya, jadi ada semacam resto gitu. Dari sini kalo nengok ke sebelah kiri kelihatan itu Bangui Windmills. Warna lautnya gradasi biru yg zuper saudara-saudara. Pengen njebur sebenernya, cuman panasnya yg gak nguatin. Si Kepala Naga aja sampe kek blush on-nya Dewi Persik gitu kulitnya. Merah mateng aja.

Coconut trees

Abaikan kaki Giselle Bundchen disitu

Sekitar jam 16.00 balik ke Laoag, musti ngejar pesawat balik ke Manila. Perjalanan balik berhasil ditembus dlm waktu 1 jam saja *kuingin diam berdua, mengenang yg pernah ada*. Selain ngebut, jalanannya juga mulus. Nyampe juga diujung utara pulau Luzon. Sayang gak sempet ke Patapat Viaduct, elevated road disepanjang pantai gitu deh.

Patapat Viaduct (from flickr.com)

patapat Viaduct (from ambot-ah.com)

Sekitar jam 17.00 sampai di Laoag lagi, mengingat masih ada waktu, kita minta buat didrop aja di JoliBee, lagian udah kelaperan aja gitu. Sopirnya sempet minta nambah fee, karena tempat yg kita kunjungi diluar kesepakatan awal, yaweis nih bang ditambahin PHP 500 aja ya, semoga berkenan. Makan malem di JoliBee gw pesen ayam bakar pedes, dan … dimanakah larinya rasa pedes si ayam ini ??, itu yg jd pertanyaan sampe sekarang. Ama mbak yg di Canai Mamak Banda Aceh aja masih pedesan lidah si mbak itu dibanding ayamnya JoliBee.

Habis dineer, kami pun lanjut ke Bandara Laoag yg erotis eksotis itu, penerbangan ke Manila sekitar jam 20.15 malam dengan Cebu Airlines, pesawatnya tetep ATR 72-500. Naek treik ke bandara bayarnya PHP 150, ditawar PHP 100 kagak dikasih juga. Jebule emang jauh, kemaren pas landing mungkin udah tinggal separo nyawanya plus excitement jd kerasa deket, malam hari pula. Dan voila … Dos vedanya Ilocos Norte.

Laoag int'l airport

ATR 72-500 Cebu Airlines

Road trip kali ini sukses banget, selain bisa menekan budget sampe lebih dari ½ budget semula, juga karena lancar jaya. Infrastruktur yg ciamik serta akses yg mudah ke segala penjuru destinasi wisata memudahkan siapa aja buat roadtrip. Mulai dari Vigan sampe ke ujung Pagudpud jalanannya gak ada yg bolong, atopun tambal sulam. Ya dari cor beton aja gitu sik ya jalananya. Gak cuman jalan raya loh yg cor beton, sampe jalanan kampung dusun udah cor beton semua. Mahal dimuka tak apalah, dari pada beli kosmetik tiap bulan kan ya, gak usah khawatir mukanya gak bisa ber-reproduksi *yah jd gosip kan*.

Sebenernya tempat wisata kita jauh lebih bagus dan lebih banyak, cuman tinggal bagaimana membentuk dan mengelolanya aja kok. Dan sense of belonging terhadap lingkungan dan tempat tinggal mereka sangat tinggi, salah satunya dr masalah kebersihan aja. jarang loh yg buang sampah sembarangan, dan semua taat aturan yg berlaku. Gak pengen bandingin ma kondisi di Indonesia ya … cuman ya tetep musti dibandingin. Makanya kalo ke tempat wisata itu satu yg musti dipegang *bukan guidenya ya, kecuali lucuk*

DILARANG MENGAMBIL APAPUN SELAIN GAMBAR, DAN DILARANG MENINGGALKAN APAPUN SELAIN JEJAK

Paoay Church

Strike a pose

Main Building

Veranda

View from Cape Bojeador Lighthouse

Bangui Windmills

Windmill

Konde Yang Terurai

Pagudpud Beach

Laoag Int'l Airport

Laoag Int'l Airport

Work it gurl !!!


Advertisements

14 thoughts on “[Travel Story] Ilocos Norte : Out and About

  1. Punten numpang nanya, kalian itu nginepnya di Ilocos cuma di Vigan dan Laoag aja ya?. Kita mau ke Laoag, Vigan dan Pagudpud juga dan kayaknya agak jompo mau ngeteng bus/jeepney deh buat 3H 2M disana. Lagi nawar mobil buat keliling dikasi harga PHP 8500 itu murah atau mahal ya?, bingung deh, soalnya cuma berduaan juga.
    thanks ya infonya.
    Visit us: The Traveling Cow

      • Ok. Thank you ya.
        Makasi juga udh posting blognya, ngga banyak soalnya blog org indonesia yg nulis ttg jalan2 ke Ilocos Sur.
        Akhirnya kita rencananya nginep semalam di Laoag, Smlm di Villa Angela Vigan dan semalam di Pagudpud. Biar ngerasain semua, hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s