[Travel Story] Semarang Semalam


Lebaran kemaren akhirnya diputuskan buat nambah liburan seminggu, terpaksa cutinya pun diambil. Sebelumnya gak pernah liburan di rumah lebih dari seminggu, maka dipergunakan sebaik dan semigunani mungkin. Salah satunya perjalanan kilat ke Semarang.

Tugu Muda

Berangkat dari Terminal Tirtonadi Solo sekitar jam 06.00 pagi dengan armada bus Taruna AC, masih kena tuslah lebaran sik, jadi musti ngerogoh kocek agak mahal ya sekitar IDR 30000. Gosipnya bakalan macet banget jalanan, apalagi temen semalem barusan cerita dari Solo ke Semarang bisa lebih dari 8 jam karena jalanan super padet. Untungnya pas gw pergi udah lengang gitu jalur mudiknya. Selama 3 jam perjalanan, gw menikmati sungguh panorama yg terhampar dibalik bilik besi berjendela kaca ini. Pemandangan yg jarang gw temui di Pekanbaru dan sekitarnya *Malaka gak termasuk ya*.

Sampai di Semarang langsung ndheprok di rumah tante yg di daerah Kaligawe, siangnya mampir ke rumah tante gw lagi yg di Bangetayu *ya deket-deket situ lah*. Trus malemnya baru keliling Semarang. Secara siang hari itu matahari beranak pinak jadi 4 bijih, panasnya zuper !!!.

Malem udah janjian ama temen buat yg orang asli Semarang buat ngider-ngider. Ketemuan di Masjid Agung (?) Simpang Lima, trus mampir bentar ke rumahnya buat basa basi ma numpang makan. Lalu lanjut dah muter-muter.

Lawang Sewu

Mampir ke Lawang Sewu waktu malem itu gw kira bakal seserem yg diTV gitu, gak taunya terang benderang aja itu bangunan. Emang ada beberapa bagian yg lagi direnovasi, dan yg masih membikin bulu kuduk semriwing sih ada. Tapi nyaman-nyaman aja kok. Nyebrang ke Tugu Muda bentar, trus lanjut ke kawasan kota tua Semarang. Diseputaran polder Stasiun Tawang tepatnya. Lokasi langganan banjir sewaktu air laut iseng maen ke darat. Dari situ melipir dikit ke Gereja Mblendhuk yg masih di kawasan kota tua situ. Sayang gak bawa tripod buat motrek-motrek.

Tawang Station

Lepas bernostalgia dengan bangunan peninggalan Belanda, pindah tempat lagi ke kasawan Chinatown, tepatnya sih disekitar Jalan Semawis *menurut kenalan sik banyak tempat makan enak*. Konsepnya mirip ma Kya Kya Kembang Jepun yg di Surabaya itu. Jalanan sekian ratus meter ditutup untuk kendaraan bermotor, dan kanan kirinya banyak banget yg jualan. Mulai dari foods and beverages, shirts, accesosries, sampe ada tempat karoke umum *suara tacik-taciknya mantab jaya*. Gak berani nyobain makanan disitu walaupun ada yg bisa dimakan juga sebenernya.

Gereja Mbendhug

Puas cuci mata *dan mengelus dada* di Semawis, pindah tempat lagi ke Klentheng Sam Po Kong. Tapi karena kita dateng udah kemaleman jd ya sepi, dan dan agak gelap tempatnya. Lumayanlah dah ninggal jejak disitu. Pulangnya mo mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah yg punya menara 99 m itu, cuman udah tutup *ya menurut lo jam 10 malem aja gitu*. Semoga aja ntar keturutan naek ke menaranya.

Sam Po Kong

Dan selesailah tour de Semarang hari itu, besoknya balik lagi ke Solo jam 06.00 pagi. Soale malemnya musti ngejar travel ke Malang …

Advertisements

4 thoughts on “[Travel Story] Semarang Semalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s