[Travel Story] Terkenang Sabang


Postingan yg udah lama ngendon di draft, akhirnya bisa muncul juga dipermukaan …

Bulan Agustus tahun 2010 lalu gw berkesempatan juga mengunjungi negeri Serambi Mekah, setelah dulu hanya nyampe di Lhoksumawe aja. Perjalanan yg menyenangkan bersama kawan, sahabat, dan kenalan baru. And here goes the story …

Masjid Baiturahman

  • Trip 1 : Pekanbaru – Medan

Perjalan dari Pekanbaru mau gak mau harus ditempuh lewat jalur udara, berbekal tiket pesawat Mbak Sri Airlines sampailah jg di kota Medan. Janjian ama temen buat ketemuan di Terminal Bandara Polonia sekitar jam 1600PM. Langsung cabut ke daerah  Cambrigde Square buat naroh barang di loker gym temen, terus cabut ke Merdeka Walk buat nyari cemilan. Berhubung di Pekanbaru gak ada eMceDe, ya wis mengobati rasa rindu larilah kesitu, masih belum terpuaskan juga, larilah kami ke Tip Top resto *seangkatan ma Ragusa ama Toko Oen*. Menikmati enaknya es krim yg melegenda itu. Ternyata itu tidak cukup, maka terdamparlah di Nelayan Resto, meng-guilty pleasure dgn pancake Duriannya yg super yummy. Dan hari di Medan selesailah juga.

Nelayan delicasies

  • Trip 2 : Medan – Banda Aceh

Kali ini perjalanan dilanjutkan dengan Old Djakarta Airlines, lucunya ternyata bisa sederet ama temen yg berangkat dari Jakarta, what a coincidence. Perjalanan kurang lebih 1-2 jam. Dan voila sampailah di Sultan Iskandar Muda Int’l Airport, sembari nunggu temen yg dari Xin Jipao landing, ngemil timpan dulu di warung jualan. Langsung pergi ke penginapan Gajah Putih (IDR 250K/night) yg ada ditengah kota Banda Aceh. Beres-beres dikit, langsung cabut nyari Mie Aceh, lanjut ke Taman Tapi Laut, dan diakhiri dgn menikmati es kelapa muda di tepi pantai Lampuuk. Dan diakhiri dgn kunjungan ke Masjid Raya Banda Aceh. Berkeliling kota ini disponsori oleh Pak Guru, yg tak lain dan tak bukan sopir taksi kami dari bandara. Dengan sedan tua putihnya mengantar kami keliling kota Banda Aceh dan tempat wisata lainnya, lumayanlah seharian itu kami berempat kena “argo” IDR 210K.

Gajah Putih Guset House

Sebelumnya kita ketemuan ama tuan rumah yg super ramah dan baek banger, serta bener-bener ngerti kot Banda Aceh. Sampai hapal toko yg jual itu disini, toko ini bukanya sampai jam segini, dokter anu anaknya si inu, seru pokoknya. Trus kami diajak dinnner di Canai Mamak yg waitersnya konyol banget. Puas makan-makan dan ketawa-tawa, baliklah ke peninapan, nyiapin badan buat perjalan besok ke Pulau Weh.

  • Trip 3 : Banda Aceh – Sabang
Inilah tujuan utama perjalanan ke Aceh, menunjungi Saban yg sudah terkenal akan keindahan alamnya. sekitar jam 07.00, kami dijemput ama tuan rumah lagi, dianterin sampe ke Ulee Lheue Fery Terminal. Dan saking baeknya kita dibawain bekal sarapan, nasi rames ala Aceh *so sweet*. Dendengnya enak banget.

Balohan port

Sekitar jam 09.30 kami pun naek ke KM. Rondo, dengan modal tiket ekonomi seharga IDR 60K. Perjalanan dari Ulee Lheue ke Balohan (Sabang) menempuh masa +/- 1 jam. Setelah mendarat dengan selamat di Balohan, kami segera melanjutkan perjalanan ke penginapan Freddy’s Sumur Tiga. Pas itu dapet harga +/- IDR 325K/malam. Penginapan yg eco friendly ini punya pantai yg keren, udah gitu kamar-kamar yg dibikin kaya gubuk menambah kesan back to nature yg kuat, yg paling penting gak ada TV di kamar.
Pas kita nyampe langsung disambu ama om Fredy yg punya penginapan, tuan rumah yg sangat ramah dan menyenangkan. Sembari menunggu kamar siap, nyemil-nyemil cantik dulu di outdoor dining area. Biasalah makanan sehari-hari kayak Caesar Salad, Pancake Bluberry, Pancake with honey gitu doank sik. Selain itu sempet leyeh-leyeh dipantainya, sembari tiduran di hammock.

Santa Sumur Tiga

Setelah kamar siap dan naroh barang tentengan, kami pun memutuskan untuk menyewa motor buat keliling *sewamotor sehari IDR 100K*. Dimulailah penjejahan ke kota Sabang, sampai ke pantai Aoi Itam, Pantai Kasih sampai senjamenjelang. malamnya kita memutuskan unutk menikmati kuliner khas Sabang, yg lokasinya ada dipojokan simpang empat jalan perdagangan. Sate gurita, gulai itik, ampe kue pancong kita cobain. Dan enakkkkkk … Kalo mau sekedar nyari buah tangan buat handai taulan dan cerdik cendekia sanak saudara, bisa mampir ke Piyoh Design yg menjual pernak pernik khas Sabng dengan design yg ciamik, ato sekedar menyusuri jalan perdagangan, bakal nemu kok toko yg jual esouvenieerrr …
Esok harinya jadual buat ke sekitaran daerah Iboih, Titik Km 0 yg lumayan jauh dari tempat kita nginep. Kita putuskan buat carter mobil dari penginapan, sepanjang perjalanan sibuk aja nyari theme song liburn di Sabang. Akhirnya tertambat pada tembang Poppy Mercury tanpa hidroquinon yg “di Selat malaka, diujung SUmatera …”. Sopirnya heran juga kali ama kita … orang edan kok serombongan.

Zero Point Tower

Sampai di Tugu Km 0,kita terpesona ama viewnya yg magnificent banget. Kalo tugunya sih ya gitu-gitu aja, kalo mau nyari sertifikat udah sampe ke titik 0 ada sih sebenernya, cuman kita gak nyari. Dari situ kita lanjut ke Iboih yg terkenal pantainya itu, trus nyebrang ke Pulau Rubiah. Ada jasa penyebrangan pake kapal kayu dai pantai Iboih ke Pulau Rubiah *IDR 150K per trip*. Yang mo snorkling silahkan, yg sekedar tanning cantik monggo, ato cuman numpang nampang yuk mari. Sayang terumbu karangnya tersapu tsunami waktu itu, jadi yg ada pun hanya yg tersisa dan yg masih muda hasil penanaman kembali.
Puas bermain api air, balik ke penginapan, dan sembari menikmati sunset dari teras restoran. Malam pun cukup dihabiskan bercengkerama sembari bercerita. What a day …
Dan keesokan harinya musti balik lagi ke Banda Aceh buat balik ke kota masing-masing ….

View from Rubiah Island

Sea SIde Pool

greek salad with extra view

Ray of sun

Sea side

Iboih Beach

For Complete photo series, click photo below ….

Sabang the story

Advertisements

9 thoughts on “[Travel Story] Terkenang Sabang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s