[Travel Story] Pigi ke Phi Phi

Bamboo Island

Setelah dirasa cukup mengistirahatkan badan, rencananya hari ini mo dilanjut nyebrang ke Phi Phi Island. Tahu kan Phi Phi Island ini ???, bukan … bukan … bukan pasangan Mhi Mhi Island. Tapi salah satu dari tempat destinasi wisata yg kondang kaloka di negeri gajah bunting putih ini. Ya kalo dimari mah bisa dibilang Bali sih ya *kenapa musti Bali, karena yg dijual ama pemerintah kita cuman itu*. Kalo lihat The Beach-nya kakang Leo di Caprio pasti ngeh ama lokasi syutingnya.

Lama sebelum berangkat, kita udah mesen tiket via internet, pesennya lewat Phi Phi Ferry yg emang menyediakan tiket kapal ke pulau-pulau sekitar Phuket. Dengan harga tiket yg terjangkau dan pelayanan prima sebagaimana pengalaman gw sebelumnya yg make jasa dia juga, maka terpilih kembali untuk mewakili kapal yg akan kami gunakan. Pas kemaren dapet tiket seharga THB 600 untuk kelas Deluxe dengan seat yg empuk plus bisa dijeplakin. Kalo yg reguler sekitar THB 550, itupun sudah termasuk land transport dari hotel ke pelabuhan VV (vice versa, bukan vulang vergi). Kami dijemput dari Lub Sbuy sekitar jam 08.00 waktu Phuket, padahal tiket kapal jam 08.30 ajah. Sempet waswas donk ya, apalagi pas kita cek & ricek tiket kapal jam berangkatnya emang jam segitu, sempet kasak kusuk berdua kalo sampai ketinggalan kapal, kalo iya kan cuman bisa jadi obsesi yg tertunda, mana udah keburu update status selebriti lagi, kan malu kalo sampe poto Phi Phi yg di-insert dilaman pribadi cuman sekedar ngambil diblog orang, dan pastinya orang-orang yg udah kami kabar-kabari tentang trip ini bakalan kecewa. Makanya pas jemputan dateng … beugh senengnya. Ternyata eh ternyata emang penginapan kita tuh deket banget ama port-nya, pantes jadi terakhir yg dieliminasijemput.

The boat

Kalo yg dulu, gw berangkat dr Rassada Pier, kali ini berangkatnya dari Sea Angel Pier. Pas check-in di pelabuhan, baru tahu kalo dapet tiket pulang gratis buat tanggal kapan ajah dan land transport ke Phuket Town, tahu gitu kan gak beli tiket PP, lumayan kan duitnya buat mijetin yg belanja di Chatucak Market. Setelah ditempelin stiker didada *iya didada … langsung berasa kotor* kami pun diarak masuk ke kapal yg interiornya lega, seatnya empuk, AC-nya dingin, jadi pengen diapa-apain kan gw. Ditidurin maksudnya, eh … digitu-gituinlah pokoknya.

Entrance

Dari Phuket menuju Phi Phi Island menempuh masa sekitar 1-2 jam perjalanan, tergantung ama mood nakhoda kapal. Sepanjang perjalanan kami terpukau dengan keindahan alam yg tersaji dibalik jendela bilik kapal ini. Keren sangat, birunya laut lepas dan langit bertemu dipenghujung horison, sepintas batu-batu karst setinggi bukit menyelia pemandangan tersebut. Tak terasa sekitar jam 10.00 kami merapat di Tonsai Phier (Koh Phi Phi Don). Langsung beringsut menuju ke penginapan kami di Baan Thai Guesthouse

Sewaktu check in, kami sempet tanya ke Miss Lee *penunggu guesthouse* mengenai trip apa aja yg disediakan sama Baan Thai buat acara menjelajah Phi Phi Island esok hari. Sama Miss Lee malah langsung ditawari pakeut tour Sunset Trip yg dimulai dari jam 11 siang sampe subuh sunset. Tanpa mikir lama sembari ngopi-ngopi cakep, kami iyakan aja tawaran dari Miss Lee yg ternyata sangat cekatan dan emang terkenal didunia pelancongan.

The boat

Ternyata satu rombongan kami ada yg nginep di Baan Thai juga, ya weis jd bareng-barenglah kami menuju pelaminan pantai tempat operator *U-Rip* trip ini berada. Ada si Kylie dari UK yg hendak ngedhoprok di Thailand selama 3 minggu sebelum jd sukarelawan UK Mengajar di Siam Reap, ada juga duo gadis pinoy si Lorraine ama Angie. Pas nyampe di kapal, baru ketahuan rombongannya siapa aja, ada The Beauties *5 orang rombongan kaukasian yg secara fisicly emang unggulan*, The Vegetadiva Couple *pasangan dr eropah yg gengges soal makanan yg gak vegetarian diatas kapal*, The Braided Gals *2 gadis berkepang yg super cool*, dan The Bitches form Downunder *4 mean girls yg nyinyirin The Beauties secara konstan*. Setelah siap dengan life jacket-nya masing-masing, kapal pun melaju dengan tenang ke destinasi pertama. Tapi sebelumnya mampir ke Long Beach buat jemput The Father Daughter *Letitzia and her father from Munich* buat gabung di trip ini, ayo om …

Bamboo Island beach

Bamboo Island adalah tujuan pertama dari Sunset sunservanda trip ini yg terletak di timur laut Phi Phi Don. Itu pantai pasir putih yg halusnya ngalahin icing sugar dah. Beneran berasa nginjek bedak Marck yg ditimbun di pulau itu. Underwater view-nya gak begitu menarik sayangnya, karena kebanyakan pasir dan sedikit ikan yg hilir mudik, dan gw gak nemu tanaman bambu disitu. 40 menit kemudian, kepala BNN rombongan udah manggil-manggil buat ke destinasi berikutnya, yg membawa kami ke …

Snorkling at Mosquito Island

Mosquito Island yg letaknya gak seberapa jauh dr pulau sebelumnya. Kalau disini kita disuruh menikmati keindahan pemandangan bawah laut Phi Phi. Dengan air laut yg berwarna mazmur menyambut cemplungan pengunjung yg pengen dikerubungin ama ikan-ikan kecil nan centil. Gak pecicilan kok ikan-ikannya, malah seneng banget ama pengunjung di pulau itu. Sebelum nyemplung, kita dibekali ama orang kapal roti tawar buat makan siang ngasih makan ke ikan-ikan tadi. Gak ngepek sik sebetulnya, gak bawa sogokan pun mereka tetep aja kegatelan gelendotan ama yg snorkling disitu. Super fun … dan pengelanaan pun diteruskan ke …

Monkey Beach yg dipenuhi ama Edward dan Bella monyet-monyet dengan penampakan yg tengil dan sedikit menurunkan minat untuk bermain di daratan. Ya berhubung sini sering lihat monyet ya, jd ya biasa aja, bedalah dengan pengunjung dari belahan dunia lain itu. Pada antusias ngelihatin ato bisa dibilang ngegodain monyet-monyet tadi. Gw milih berendem aja dipantai yg landai dengan pasir putih yg menggoda tadi, sembari mengawasi pengunjung yg laen donk ya. Sementara itu si kawan sibuk berpoto ria dengan gadis pinoy, karena dikira tetanggan ama mereka *ngarepnya si kawan sik gitu*. Puas numpang nampang, lanjut lagi ke tujuan selanjutnya yg merupakan highlite dr perjalanan dari itu …

Koh Pileh Lagoon

Koh Phi Phi Leh telah menyambut kami dengan pemandangan alamnya yg spekta terpampang nyata bukan buaian bukan remix. Dengan jualan utamanya Maya Beach yg mana jadi latar belakang cerita The Dutchess Beach dengan pelakon utama pria si Leo di Caprio. Pada tau kan pilmnya, yg #anaklama atao #anak90an yg merupakan owsem era itu pasti pada ngarti. Gak langsung menuju ke main course Maya Bay sih kita, tapi diajak muterin Phi Phi Leh dulu, lihat Viking Cave dulu yg konon ceritanya adalah markasnya The Viking sebelum pindah ke Bandung *dirajam make kuah oncom*. Gak begitu menarik sik gua-gua tadi. Nyampai di satu tempat yg kelihatan kayak celah kecil diapit oleh bukit karst terdapat Pileh Lagoon. Dengan warna air yg masih dominan hijau, memang memanjakan siapa aja yg datang. Sama si nahkoda kapal kita disuruh njebur sebenernya, lompat dari dek gitu. Kedalamannya bervariasi, ada yg cetek banget cuman selutut, trus tiba-tiba drop jadi 4 meter. Tapi seru kok buat dicoba. Tak terasa hari makin senja dan kita belum jg masuk ke Maya Bay.

Enjoy

Kapal terpaksa disandarkan di Loh Samah Bay buat masuk ke Maya Bay karena angin makin kuat dan ombak yg makin bergolak garang. Loh Samah ini semacam pintu belakang untuk masuk ke Maya Bay. Gak mudah sik, tapi seru banget. Soalnya pertama-tama kita musti sedikit berenang melawan arus yg deras dan dingin sekitar 50 m untuk mencapai ke daerah yg sekiranya bisa dipijak, kemudian menyusuri karang-karang tajam untuk mencapai ke daratan, lalu melewati terowongan kecil yg seakan gapura menyambut kedatangan tamu agung, baru bener-bener masuk ke lingkungan Pokja PKK Bororejo Maya Bay.

Sands and leaves

Jalan kaki sekitar 5 menit melintasi jalan setapak diapit tetumbuhan itu bikin Maya Bay berkesan misterius. Begitu nyampe plek di depan pantai, amboy… mulut ini ternganga untuk kesekian kalinya. Pasir putih, air laut yg jernih, tebing karst menjulang di kanan kiri, dan matahari yg malu-malu mengintip dari celah tebing menuju ke peraduannya yg hakiki, sungguh pemandangan yg tiada duanya. Walaupun kalo mau dibandingkan dengan pantai-pantai sebelumnya, Maya Bay ini masih kalah jauh, namun berkat sebuah film international bertajuk The Beach, membuat semua orang pengen mengunjungi tempat ini.

Maya Beach

Menjelang jam 18.00, kami disuruh balik ke kapal. Takut apa kata tetangga ntar, anak gadis maghrib-maghrib kok masih melalak aja. Dengan rute yg sama dilalui sebelumnya, kamipun kembali menerjang karang tajam, dan ombak yg makin bergolak dengan suhu yg makin dingin dan angin yg semakin kencang. Setelah dipastikan semua awak kabin selamat, kami pun segera berpesta pora kembali ke Phi Phi Don. Dengan ditemani sinyal kuat mentari yg secara perlahan masuk ke bilik kamarnya, menambah syahdu perjalanan kali ini. Bener-benar penutup yg sempurna hari ini.

Sunset Trip tadi dibandrol dengan harga THB 450 aja atau sekitar IDR 135K. Harga segitu udah termasuk biaya kapal, makan siang yg terdiri dari snack, main course, dan buah, serta pemakaian snorkel dan life jacket sepanjang pejalanan. Ternyata yg orang Asia cuman gw, Kokoh, dan 2 gadis pinoy tadi, dan cuman kami yg dari naek kapal sampe selesai yg bertahan dengan life jacket nempel erat. Yg dari negara kepulauan siapa sik ya sebenernya … *lalu berubah jd Putra Duyung*.

Dengan badan yg mulai rontok, kembalilah kami ke penginapan buat bebersih diri sebelum mangkal ngiterin Phi Phi Don di kala malam. Banyak target dengan kurs asing kan kalo malem ginih sebenernya, tapi berhubung udah lodoh seharian, ya weis cuman sekedar bagi-bagi kartu nama ama nomer kamar plus ID Skype aja ke beberapa orang *mulai deramahnya*. Dengan berbagai fasilitas hiburan dan tempat makan yg tersebar di penjuru pulau, maka diputuskan buat berkeliling sebentar untuk mengetahui range harga dari tempat-tempat tersebut. Dari yg sekedar THB 500 sampai dengan seharga ribuan bath pun ada. Tapi mostly restoran padang seafood dengan musik langsung *live music kali* sebagai pengiring makan malam. Ya berhubung kami biar dibilang bagpacker, nyari yg murahan dikitlah kayak orangnya. Terdamparlah di restoran India, dengan kalap kami pun memesan makanan, tanpa sadar porsinya yg cukup buat ngasih makan gw ama keluarga besar pas lebaran. Perut kenyang, hati senang, kantong kerontang.

The view

The flag

The boat, the sea, and the cliff

Whatch out

Food fiesta *bbuurrpp*

More Pict Here

11 thoughts on “[Travel Story] Pigi ke Phi Phi

1. Gue pengen dorong itu 4 downunder bitches yang sibuk gosip isi sekapal. Konstan berghibah pas di belakang kuping gue. Pantes kuping gue sakit, kirain gara-gara melaut, rupanya gara-gara 4 orang itu. Terus itu 2 cewek Pinoy kenapa mesti nebak gue Pinoy sementara gue lagi ngomong Ngapak ama lu?.

2. mau nanya,, beli paket tour ke phi phi dan maya bay dimana??? info please… aku agustus akhir brangkat ke phuket dan pengen tour kesana…..

• Halo

Maaf baru bisa bales

Soal paket tour phi phi island dan maya bay, kemaren kami beli on the spot di penginapan Banthai guesthouse di Phi Phi Don

Tapi kalo mau searching di google banyak kok infonya ..