[Yummy Trail] Street Food : Tahu Petis


 

Siapa yang tak kenal tahu ???. Mayoritas orang di Indonesia pasti gemar makan yg namanya tahu dengan berbagai macam olahannya. Mulai dari digoreng biasa sampai denga berbagi jenis fushion bahan olahan dari kedelai ini. Selain harganya yg murah dan penuh dengan protein, tahu ini juga mudah didapatkan dimana aja. Salah satunya di pojokan jalan dengan plang nama Tahu Petis Peterongan.

Selama ini cuman nemu yag jualan tahu petis pas Sekatenan di Solo yang udah 10 tahun lebih gak gw sambangin. Untungnya pas tawaf keliling kota kemaren malem sempet nangkep bayangan yg jualan di sudut mata. Tak ada salahnya mencoba demi sekear melepas kerinduan mengecap rasa petis di lidah hamba sahaya ini.

Tahu petis ini tampilannya sederhana, sesederhana lapak penjualnya diujung jalan Pasar Ledoksari, Solo. Tahu yg biasa dipakai berasal dr genus tahu pong, yg garing di luar tapi kopong di dalam. Kemudian petisnya sendiri biasanya tebuat pasta udang, namun berbeda dengan petis untuk Rujak Cingur dan sejenisnya. Karena sudah dicampur dengan bumbu spesial, bau anyir dari udang tak tercium lagi, rasanya pun cukup subtle di rongga mulut. Petisnya sendiri bisa di”suntik”kan kedalam tahunya atau mau dipisah tergantung kebijaksanaan dari pembeli.

Bagi sebagian orang mungkin kurang suka dengan penampakan dan rasa serta aroma dari petis ini, but trust me … sekali coba cemilan khas kota Semarang ini, pasti bakal ketagihan. Dan ini murah pulak harganya, dijual dengan harga IDR 750,- pe biji cobak, masih lebih mahalan alas bedak Sephora kan.

Sekedar buat cemilan di kala senggang sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba bisa jadi pilihan yg tepat. So kalo mau nyoba, bisa langsung disambangi yg ada di dekat Pasar Ledoksari, Jebres, Solo atau lebih tepatnya seberang SPBU Ledoksari, Solo. Enjoy your local delicacies ….

Enjoy

Advertisements

6 thoughts on “[Yummy Trail] Street Food : Tahu Petis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s