[Travel Story] Bukit Gundaling


Kabut asap beberapa waktu lalu yg melanda kota Pekanbaru, mau tidak mau bikin jengah warganya. Jangankan aktivitas extreme, yg rutinnya aja jg terganggu. When enough is enough kalo kata mak gw, maka diputuskanlah buat ngungsi ke kota terdekat yg diperkirakan tidak begitu terkena dampak asap jahanam tadi. Setelah 12 jam perjalanan darat, sampailah gw ke camp refugee di … Medan. Ke Medan kok judulnya ngungsi, plesiran itu neng ….

Setelah 2 hari menikmati aktivitas kota terbesar di ranah Sumatera ini, diputuskanlah buat bersihin paru-paru ke daerah perbukitan. Yang paling dekat ya ke Korea …

Berhubung dana cekak, gak jadi nginjek tanah Korea, Tanah Karo jadilah …

Mount Sinabung

Berangkat dari Medan menggunakan bus tanggung bertajuk … wait for it … Sutra a.k.a Sumatera Transport. Kalo mo nyari tempat duduk, naik aja dari Simpang Pos, tapi jangan pas di simpangnya ya, kena tabrak nanti. Dari Simpang Pos agak 100 m-an lah bus-bus ini pada nongkrong nyari penumpang. Cukup dengan IDR 15K aja, 2 jam perjalanan menuju Korea eh Tanah Karo sudah tertempuhi *wuopo iki bahasane campur-campur*.

Tujuan pertama adalah Bukit Gundaling. Turun aja di dekat SPBU, ato di dekat tempat ngaso kek gambar dibawah ini.

Local arch

Jalan menuju ke Bukit Gundaling ada di belakang SPBU tadi, salah satu sarana menuju ke puncak bukit yaitu dengan menunggangi angkutan umum bertajuk “Bintang Karo”, cukup dengan IDR 5K, kita sudah diantar sampai ke pintu garbarata gerbang Bukit Gundaling, murah kan … Cara yg lain yakni dengan berjalan kaki sepanjang +/- 3km aja kok.

Dari ketinggian 1.575 m DPL, kita bisa menyaksikan kota Berlin Berastagi tentunya, dan bonus Gunung Sinabung serta Gunung Sibayak. Pas banget kemaren itu kami datang sehabis Gunung Sinabung meletus, masih kelihatan bekas lokasi lelehan lahar dari view point di Bukit Gundaling.

Downtown Berastagi

Dengan udara yg segar serta cenderung dingin, gak salah kok kalo make kaos tipis dan celana pendek aja *itung-itung latihan buat ke Eropa*. Tapi buat yg gak tahan dingin, ya pinter-pinter berkostumlah ya …

Selain bersihin paru-paru yg terpapar asap pembakaran lahan kemaren, lingkungan di Bukit Gundaling ini seru banget. Berbagai macam flora tumbuh dengan suburnya, kalo mau nyoba keliling lokasi dengan berkuda bisa juga kok, tapi gak disedian keris dan peci biar kayak salah satu capres itu. Buat yg pengen jalan-jalan santai sambil ber-agrowisata ria, bisa menyambangi kebun buah disekitar Bukit Gundaling. Bisa metik sendiri loh, metik buah ya, bukan metik daun muda.

Florals

Jangan takut kelaparan ataupun kehausan, banyak warung yg berjualan makanan dan minuman kok, juga sewa tikar buat sekedar gegoleran gak jelas atau menikmati bekal makan siang bersama kawan dan keluarga. Toko souvenir khas Tanah Karo tersebar dari ujung ke ujung, jadi jangan merasa terbebani dengan kawan yg kalo tau kita jalan-jalan bukannya ngasih uang saku tapi selalu minta oleh-oleh *loh kok curhat*.

Lumayan bersih kok Bukit Gundaling ini, ya walaupun dibeberapa tempat banyak sampah berserakan walaupun sudah disediain tempat sampahnya. Sebagian shelter untuk sekedar beristirahat pun tampak tak terawat, bahkan bangku betonnya ambrol. Oh ya yg paling repot sik transportasi publik dari dan ke Bukit Gundaling ini, karena hanya dilayani oleh si Bintang Karo tadi yg frekuensi seliwerannya tak sebanyak angkot yg lain.

To the top

Secara keseluruhan lokasi wisata Bukit Gundaling ini cukup representatif, lokasi yg relatif dekat dengan kota Medan, sarana dan prasarana yg lumayan cukup tersedia jadi nilai tambah tersendiri. Mungkin karena imbas dari letusan Gunung Sinabung kemaren jadi kondisinya sekarang agak sepi.

So … tunggu apalagi, mari diramaikan kembali Bukit Gundaling ini …

Lush Greenery

Don’t you wanna be on top

Details

RIP Joop Ave

W

Hae hello

Souvenir stall

On my way back

Me and the gun

Advertisements

One thought on “[Travel Story] Bukit Gundaling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s