[Yummy Trail] Rumah Makan Baung Pak Mas


Kadang suka bingung ngajak kawan yg berkunjung ke Pekanbaru untuk menikmati masakan lokal, sudah bukan rahasia lagi kalo rumah makan yg menyajikan menu lokal biasanya harganya gak ketulungan mahalnya. Entah karena emang harga bahan yg mahal atau karena banyak yg suka *suka-sukanya yg jual ngasih harga*.

Untungnya ada tempat makan masakan khas melayu yg menjadikan ikan baung sebagai jualan utamanya dengan harga yg gak bikin kayak pegawai dengan gaji 10 koma *lewat tanggal 10, udah koma*.

Berbekal pondok kayu bercat biru, Rumah Makan Baung Pak Mas laksana oase ditengah padang pasir yg memberikan alternatif bagi kami sebagai kaum marjinal di kota minyak ini menikmati kenikmatan gule ikan baung yg legendaris itu. Tempatnya sederhana, tapi lumayan bersih. Biar kata namanya labil *mau Pak ato Mas sebenernya*, untungnya ndak labil juga jualannya.

Humble

Kami menyambangi kedai lepas jam makan siang, udah lumayan habis-habisan aja menu gule ikan baungnya. Tapi Pak … eh Mas … eh Pak Mas sigap memerintah anak buahnya buat masakin gule yg baru. Beruntungnya kami. Sembari menunggu gule ikan baungnya masak, anak buah Pak Mas mulai menata piring-piring kecil di meja kami. Nampak ikan selais, kalio daging, ikan baung goreng, belut goreng, dan daun singkong rebus berderet dengan rapi, tak ketinggalan sambalnya yg mantab hadir menyambangi.

Gule Ikan Baung

Liur udah mengalir tak tertahan, pas banget gule ikan baungnya dateng. Hajaaarrr …

Sebagai orang yg kurang begitu suka ikan yg dimasak selain digoreng dan dibakar, gule ikan baungnya ternyata enak juga. Gak ada amis-amisnya. Daging ikan yg kenyal dan tebal berpadu sempurna dengan nikmatnya kuah gule yg tidak terlalu mahtekh rasanya. Dicampur sambelnya … hmmm … enak.

Ikan Selais

Ikan selais yg crunchy gak ketinggalan “berunjuk rasa”. Pun begitu dengan belut goreng dan ikan patin gorengnya. Gak ngerasain kalio dagingnya sik kemaren tapi nampaknya enak.

Ikan Baung Goreng

Saat yg paling gak enak pas dinning out itu adalah membayar biaya kelakuan tadi. Biaya makan kami ber-tujuh orang sekitar IDR200K. Jarang-jarang kan nemu tempat makan yg jualannya masakan melayu gini segitu terjangkau harganya…

Rumah Makan Baung Pak Mas

 Jl. Hang Tuah No. 25, Pekanbaru

HP : 085363862943

Another fried fish

Blanched Cassava Leaves

Deep Fried Unagi

Kalio Daging

Advertisements

One thought on “[Yummy Trail] Rumah Makan Baung Pak Mas

  1. Beneran deh ya, dilarang berkunjung ke blog ini dalam kondisi lapar. Banyak postingan yummy trail-nya. Duh, bikin ngeces. Hahaha .. 😉

    Dan kayanya kalo ke Pekanbaru, ga perlu khawatir kelaperan ya, Omb ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s