[Travel Story] Puncak Cemara Sawahlunto


Salah satu cara menikmati keindahan sebuah tempat wisata itu bisa dilakukan dengan meresapi pemandangan dari ketinggian. Tak urung banyak kita jumpai aerial view dari sebuah tempat yg sangat menarik. Pun demikian dengan kota Sawahlunto.

Berpagar perbukitan disekelilingnya, tak pelak lagi menghadirkan pemandangan kota yg menakjubkan. Bukan hanya sekedar bisa dinikmati dengan menyusuri kota Sawahlunto yg lengang dan berhawa sejuk, kita juga bisa menikmati kota tambang batubara di era kolonial Belanda ini dari salah satu puncak bukit yg mengelilinginya.

Puncak Cemara terletak sekitar 6 km dari kota Sawahlunto kearah Resort Kandi, petunjuk arahnya lumayan gampang kok diikuti. Untuk mencapai Puncak Asmara Cemara ini, kita bisa mengendarai kuda kendaraan pribadi. Untungnya pelataran parkir kendaraan pas banget di depan view point Puncak Cemara.

Viewing area

Sesuai dengan namanya, diatas puncak bukit ini banyak pohon kelapa cemara. Menjulang dengan gagahnya, meliuk mesra seiring hembusan angin.

Look up …

Dari sini, kita bisa melihat keseluruhan kota Sawahlunto dari atas. Jajaran bangunan nampak rapi berpunggungkan perbukitan. Sekedar untuk poto narsis atau ingin mengabadikan kota Sawahlunto secara pro bisa dilakukan di view point yg tersedia. Atau sekedar menikmati semangkok mie rebus hangat sembari menikmati pemandangan yg tersaji boleh juga kok. Kalau ingin lebih meresapi suasana, ada beberapa bangku yg berada tepat dibawah pohon cemara.

Take a seat

Semilir angin menambah kesejukan Puncak Cemara. Rona keemasan memantul dipunggung bukit dari kejauhan. Sayang dari Puncak Cemara ini tak nampak sunset yg agung. Hanya semburat cahaya yg menyambangi.

Tree top

Selain Puncak Cemara, ada juga Puncak Polan. Kalau Puncak Polan ini kita masih perlu meniti beberapa anak tanga untuk bisa mencapai ke pelatarannya. Berada di dekat logo “SAWAHLUNTO”, Puncak Polan menawarkan panorama yg tak kalah hebatnya dari Puncak Cemara. Pemandangan matahari terbenam dibalik bukit menjadi salah satu daya tariknya. Sayang kami tidak sempat ke Puncak Polan.

Downtown

Jadi kalau berkesempatan maen ke Sawahlunto, jangan lewatkan menikmati keindahan kota Sawahlunto dari puncak bukitnya.

City of Sawahlunto

From the top

View point

Ray of light

Capturing the moment

Advertisements

9 thoughts on “[Travel Story] Puncak Cemara Sawahlunto

  1. Kerennn bingit viewnya… setuju cara terbaik mnikmati keindahan tempat wisata itu dengan lihat keindahan dari atas bukit. Tapi lihat panorama keren dari atas kadang bikin galau maksi, apalagi perginya sendirian 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s