[Travel Story] Museum Kereta Api Sawahlunto


Peninggalan dari era kolonial Belanda di Sawahlunto yg sampai sekarang masih bisa dijumpai dengan mudah adalah sisa-sisa dari kegiatan pertambangan batubara. Berbagai sarana dan prasarana penunjangnya masih berdiri tegak ditengah laju perkembangan yg semakin cepat. Salah satunya adalah stasiun kereta api.

Waiting

Berada di ketinggian +/- 261 MDPL, Stasiun  Sawahlunto sampai dengan medio Mei 2014 masih dipergunakan sebagai tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Meskipun hanya melayani trayek kereta wisata Mak Itam. Sayang per Juni 2014, kereta wisata Mak Itam dipastikan tidak menyambangi stasiun ini, karena berhenti beroperasi.

Sekarang, selain dari fungsi utamanya sebagai stasiun, Stasiun Sawahlunto difungsikan jg jadi museum kereta api. Ini museum tentang perkeretaapian kedua di Indonesia setelah Museum Kereta Api Ambarawa.

Old wagon

Koleksinya kebanyakan printilan yg dipake  waktu stasiun ini masih aktif pada masa kolonial dulu. Sebutlah timbangan, lentera, alat pengukur, seragam petugas, sampai ke telepon portabel. Berbagai macam poto yg terpasang di dinding museum, memperlihatkan aneka ragam potret kereta api dari masa ke masa, miniatur kereta pun ada juga.

Stuffs

Tidak terlalu banyak memang ragam benda yg ditampilkan. Namun dari keterangan yg tertera pada papan informasi lumayan cukup ngasih penjelasan soal kegunaan dari benda yg dipajang tadi.

Mak Itam

Sebenarnya yg menarik perhatian adalah loko uap Mak Itam. Ini yg seharusnya jadi bintangnya, sayang banget loko ini hanya dibiarkan tersimpan digarasi bersama gerbong kereta wisatanya.

Old wagon

Banyak yg bisa didapat dari museum ini selain kenangan manis bersama mantan kereta Mak Itam. Apalagi harga tiket yg cuman IDR 3K. Sayang sungguh sayang … Mak Itam malah diperam.

Ticket

Rustic

Empty

Mak Itam

Train

Info

More picts, click on the photo

Advertisements

One thought on “[Travel Story] Museum Kereta Api Sawahlunto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s