[Travel Story] Bonjour Paris


Paris

Kereta dari Bruges pun berangkat meninggalkan stasiun menuju ke Paris. Perjalanan agak jauh kali ini, karena milih harga tiket yg paling terjangkau, makanya gak naek eksekutif atau patas, tapi musti gonta ganti kereta beberapa kali di kota-kota yg berbeda. Kayaknya malesin ya, tapi seru kok.

Knick knack

Jadi rutenya BrugesKortrijkGare de Lille FlandresLille EuropeParis Nord dengan lama perjalanan sekitar 3 jam lebih dikit. Kalo mau lebih cepet sik ada ya, tapi lebih berat diongkos. Ini naek kereta pun gara-gara gak bisa beli tiket bus make kartu kredit Indonesia. Kalo gak mah naek bus aja, lebih murah, kalo pas promo bisa dapet harga €1,- aja.

From my window seat

Penginepan udah booking sebelumnya di sekitaran stasiun Paris Nord situ, tapi rejeki temannya Soleh ini emang gak kemana ya, ternyata ada sepupu temen yg alhamdulillah-nya bisa ditebengin. Hematlah selagi mampu.

Memasuki kota baru dengan bahasa yg asing di telinga ini agak sedikit bikin ketar ketir. Tapi udah sampei sini masak balik lagi, mahal bok tiketnya kalo beli go show.

Saudara temen ini tinggalnya di sekitar Nuilly-sur-Seine ato riverside-nya kali Seine, yang mana kalo disini yang tinggal disekitar bantaran kali itu termasuk yg golongan the have … unch unch.

Blue Hour

Sebelum esok pagi menjelajah kota sendirian, malemnya diajak keliling dulu ama suaminya temen ini, ceritanya preview yg mana musti dikunjungi, rute yg enak mana aja, dimana yg musti hati-hati, pokoknya dos and don’ts selama keliling kota mode ini. Maklumlah ya, karena kriminalitas di Paris cukup tinggi, tak ada salahnya sedikit waspada.

Lumayan lama di Paris, sekitar 3 hari. Pas disini, suhunya sekitar 2°C, tapi gara-gara anginnya yg kenceng banget, berasanya -12°C. Makanya ngelayapnya pun gak lama-lama, dinginnya kagak nahan. Itu pun muternya yg terjangkau aja, karena daylight-nya juga cepet banget, matahari nongol sekitar jam 9 pagi, sekitar jam 4 sore udah mulai maghrib.

From the top

Cukup banyak tempat yang diamprokin selama 3 hari tersebut, ya meskipun jamnya sangat terbatas ya. Semua tempat wajib kunjung gampang banget dijangkau make metro atau bus. Tapi gw lebih milih jalan kaki aja menyusuri bantaran kali Seine ini. Ya memang tempat wajib kunjung yang Paris banget ada di sekitaran bantaran kali ini sik. Lumayan jalan kaki sehari bisa 21 km *salonpas mana salonpas*.

Metro station

Eiffel, Louvre, L’Arch de Triomphe, Trocadero, Petite Palais, Grand Palais, Jardin de Tuileires, Place de la Concorde, Pont Neuf, Notre-dame itu semua ada disekitaran seine. Yang agak jauh Jardin du Luxembourg, Paris Sorbonne, Montparnasse, Moulin Rouge, ama Sacré-cœur. Yang di luar kota ya Versailles.

Sacré-Cœur

Kalo untuk transportasi, gak usah khawatir. Metro gampang, bus banyak, tram jg ada. Yang perlu disiapin sik musti bisa baca peta aja, karena jalan-jalan yg kecil banyak banget. Perhatikan barang bawaan ya, jangan keleran kalo bawa benda berharga. Misal kamera ato tas. Karena copet ato orang jahilnya banyak banget. Pas di Eiffel aja sampe dikejer 5 geng yg modusnya sok-sok wawancara, padahal temennya ngerogohin tas kita.

Louvre

Tapi selain cerita itu, kotanya seru kok. Not as romantic as i imagined, ya kalik wong perginya sendirian aja ya mas.

Moulin Rouge

Suka aja jalan kaki keliling kota ini. Menikmati suasana kota tanpa terburu-buru, meresapi atmosernya, lalu lalang penduduk lokal, dan banyak taman yg bisa dipake buat istirahat. bantaran kalinya pun cakep. Jadi lebih menikmati aja sebenernya dengan jalan kaki. Kalo bukan karena angin yg dingin sampe ke tulang pasti bakal ngelayap lebih lama lagi.

Lanjut ya ke Bonjour Paris part deux …

Carousel

Click, click, click … pose

Musée du Louvre

Lock of love

Ngabuburit

La defense

Click on the photo for more pictures

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s